Minggu, 24 April 2011

berpaling ke bandung

ya ga kerasa gua bkal ninggalin smansa 1 tahun lagi.dan gua masih bingung mau masuk universitas mana.
dan buat masuk universitas cuman moleh milih 2,gua kayanya bakal nulis dengan 2 universitas asal bandung.unpad dan itb.

pertama
unpad fk.
ya gua disuruh bokap masuk fakultas kedokteran,dan yang ia saranin itu fk unpad.sampe sampe dia udah nyariin gua ntar tinggal dimana.zzz.gua sih iaia aja masuk fk,soalnya gua seneng sama pelajaran biologi.
tapi lu tau sendiri masuk fk tuh ga gampang dan ga murah.apalagi prospek gua yg pngen ngambil spesialis,spesialis jantung atau penyakit dalam yang semuanya hampir 8 tahun.

kedua
itb fttm,ftsl.
ya gatau kenapa gua pengen selain gara2 bokap gw yg juga orang minyak gara2 kantor bokap gw kerja ada kerjasama di itb jadi lebih enak aja gitu.trs prospek nya gua kuliah terus ngambil beasiswa s2 trus kerja di perusahaan minyak kaya pertamina,cefron,total.haha.

tapi dari 2 itu gua lebih suka itb sih.haha





Total Scholarship 2011 and Summer School 2011

Kamis, 21-Oktober-2010, 10:48:27 by YS-SisfoFITB

Bersama ini diinformasikan kepada mahasiswa dan alumni ITB mengenai Program yang ditawarkan oleh TOTAL E&P Indonesie berikut :1. TOTAL Scholarship 2011
Syarat yang harus dipenuhi :
a. Program Studi : Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, Teknik Geofisika, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Fisika, Teknik Kimia, dan Manajemen Keuangan (SBM)
b. Lulusan Sarjana ITB
c. IPK > 3,00
d. Nilai TOEFL minimal 550 atau mempunyai DELF diploma
e. Aktif berorganisasi
f. Mengisi form aplikasi total-scholarship
2. TOTAL Summer School 2011
Syarat yang harus dipenuhi :
a. Program Studi : Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, Teknik Geofisika, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Teknik Kimia
b. Mahasiswa/i semester 5 dan 7 (masih berstatus mahasiswa sampai dengan bulan Agustus 2011)
c. IPK > 3,00
d. Nilai TOEFL minimal 550 atau mempunyai DELF diploma
e. Aktif berorganisasi
f. Mengisi form aplikasi total-summer-school (Untuk di halaman 4, pertanyaan: grade point at the end of 2009-2010, adalah IPK terakhir di semester yang berjalan ini (akhir 2010).
Berkas aplikasi dikirimkan ke :
International Relation Office
Jalan Ganesha No. 17B
Bandung
selambat-lambatnya pada Senin, 8 November 2010 pukul 14.00 WIB


Teknik Pertambangan merupakan disiplin kerekayasaan yang berhubungan dengan sumberdaya mineral dan batubara. Kerekayasaannya mencakup eksplorasi (menemukan dan menganalisis kelayakan tambang) dan teknik pernambangan (menentukan teknik penggalian, perencanaan dan pengontrolannya).

Departemen Teknik Pertambangan didirikan pada bulan Februari tahun 1948 sebagai bagian dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Dibentuk pertama kali sebagai program akademik satu tahun dan dua tahun pelatihan (training) / pendidikan untuk mendapat gelar Geologi Eksplorasi dan gelar Geologi, dan dapat melanjutkan perkuliahannya di Delft Technical University, Netherlands.




Pada bulan November 1950, Fakultas Teknik meningkatkannya menjadi program penuh (S1) untuk mendapat gelar Sarjana pada Teknik Pertambangan. Pada tahun 1953, Departemen Teknik Pertambangan sudah mampu menghasilkan lulusannya yang meraih gelar pada Eksplorasi Pertambangan serta Teknik Pertambangan. Sejak 1959 Departemen Teknik Pertambangan sudah dapat dimasukan dalam Fakultas Teknologi Mineral.



Sekarang, Departemen Teknik Pertambangan sudah mengkonsentrasikan pada beberapa bidang studi diantaranya adalah eksplorasi, hidrologi, geoteknik, dan perhitungan ekonomis dari cadangan mineral, teknologi pertambangan, pengolahan mineral, metalurgi ekstraksi, serta metalurgi fisika. Saat ini sudah terdapat 3 (tiga) option / pilihan studi di Departemen Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung, yaitu : Eksplorasi Pertambangan dan Teknik Pertambangan (Tambang Umum).


Program Studi Pertambangan mempunyai 2 (dua) opsi jalur pilihan, yakni Tambang Eksplorasi dan Tambang Umum.

  • Tambang Eksplorasi
Jalur pilihan Tambang Eksplorasi menyelenggarakan pendidikan yang komprehensif dalam segala aspek dari kegiatan eksplorasi penambangan. Prinsip-prinsip dasar eksplorasi tambang diberikan dalam kuliah, dan dilengkapi dengan kegiatan di laboratorium dan kuliah lapangan. Sehingga pada waktu yang bersamaan mahasiswa memperoleh kemampuan praktis dan pengetahuan dari aplikasi tambang yang diperlukan dalam bekerja di industri, pemerintahan, maupun sebagai peneliti.
Materi kuliah disiapkan sedemikian rupa agar lulusan dapat memasuki berbagai profesi eksplorasi Tambang, atau melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Lulusan juga dibekali ilmu untuk pengembangan diri seperti hidrogeologi, geofisik dan geoteknik.
  • Tambang Umum
Bidang kajian dalam jalur pilihan Tambang Umum mencakup sebagian aktivitas tahap pra penambangan, yaitu berkenaan dengan Planning dan Opening & developing, dan aktivitas tahap penambangan. Komponen aktivitas dalam tahap Planning atau Perencanaan adalah pemilihan metode penambangan (Tambang Terbuka, Tambang Bawah Tanah, dan Tambang Bawah Air) dan kebutuhan fasilitas/sarana & prasarana serta design & engineering. Sedangkan komponen aktivitas utama pada tahap penambangan adalah pemberaian (breaking), pemuatan (loading), pengangkutan (transporting/hauling) dan pengendalian biaya (cost control). Keempat komponen aktivitas utama tersebut ditunjang oleh berbagai aktivitas yaitu pemetaan (surveying), kestabilan penggalian (stability of excavation), perancangan dan rekayasa (design & engineering), pelayanan (supply services), energi (power), perawatan (maintenance), kesehatan & keselamatan kerja (health & safety), ventilasi, pengendalian air (water control) dan reklamasi, serta pemahaman geologi, mineralogi, mineral deposit, mineral processing dan marketing.
Bidang keilmuan Tambang Umum (TA) pada dasarnya merupakan integrasi pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan untuk dapat melaksanakan berbagai komponen aktivitas di atas, dan disusun secara sistematik dari ilmu-ilmu dasar, dasar enjiniring dan keahlian. Sehingga lulusannya dapat bekerja secara efektif di industri, pemerintahan atau sebagai peneliti.
Struktur Kurikulum 2008 Program Studi Teknik Pertambangan
Silahkan klik : http://www.mining.itb.ac.id

wo o o ow,
semoga cita cita gua terwujud.amin
haha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar