Sabtu, 17 Agustus 2013

Sekilas tentang power bank

Sebagai salah satu mahasiswa, apalagi gw teknik elektro tiap hari cuman bisa nyampah. Hiks sedih. Tapi akhir akhir ini gw sering dan rada tertarik membahas power bank.
 Sampai gw sering searching di google tentang hal ini apapun isinya. Berikut hasil nyampah gw.ahha
Cekidot.


1.Power bank adalah alat penyimpan daya yg prinsip nya hampir sama kaya baterai, ada yg terbuat dari nicad,li ion,li po dll. Nicad biasa nya ada di baterai hp jadul, lithium ion biasa di pake hp jaman sekarang dan lithium polymer ada di hp yg lebih modern. Biasanya kapasitas nya satuan mAh (re:miliamperhour) ,dan sama dengan satuan yg ada di baterai hp. Biasa nya baterai hp lu 1500mAh,  trus lu punya powerbank yg kapasitas 6000mAh jadi kira kira lu bisa 4 kali ngecas. Tapi ingat karena selalu ada losses, jadi paling lu bisa ngecas sekitar 3 kali.

2.pernah liat nilai output 1A, 2A? A itu satuan ampere untuk besar nya arus yg lewat. Jadi semakin besar ampere nya makin banyak juga arus yg lewat. Inget rumus i=q/t?  I =arus, q=jumlah muatan,t=waktu, jadi i berbanding terbalik dengn t dan sebanding dengan q. Jadi semakin besar arus yg lewat,maka muatan yg di alirkan semakin besar pula(re: muatan itu apa yg kita isi di baterai) .dan semakin singkat kita mengisi baterai. Jadi kalo mau cepat ngecas, dan lu punya output 1A dan 2A ya lu pilih yg 2A. Misalnya lu punya baterai 1500mAh = 1,5Ah dengan output chas 1A lu bisa ngecas selama 1,5 jam. Terus kalo lu pake yg 2A berarti lu bisa ngecas selama 45 menit aja. Tapi jangan seneng dulu sob, soalnya ada beberapa hp yg pake pengatur arus, jadi berapa pun arus yg masuk tetep aja di itung nya sesuai nilai yg diatur.

3.jangan asal pilih kabel konektor, pakailah kabel konektor khusus chas bawaan asli. Karena biasa nya kabel dari power bank itu universal dan ada konektor nya lagi, dimana setiap konektor itu bakal nambah losses lagi.huft. Terus ditambah tidak sesuai dengan input yg diinginkan. Kadang juga kita pakai kabel usb, pernah ngerasa kalo kabel usb tuh lebih tebel dari kabel chasan? Ya karena fungsi utama kabel usb ya menggubungkan perangkat ke pc. Dimana pc itu punya daya listrik yg sangat tinggi, jadi penghubung antara hp yg daya nya kecil sama pc yg daya nya besar harus ada hambatan yg besar pula. Inget rumus r=p.l/a. R = hambatan, p=masa jenis, l = panjang, a=luas penampang. Jadi makanya kabel usb lebih tebal untuk membesar kan nilai hambatany, terus kalo kita pake buat power bank gmna? Inget aja rumus i=v/r.  Jadi i berbanding terbalik dengan r, ketika lu ngecas dengan hambatan yg besar maka arus yg lewat bakal kecil sehingga lu bakal lebih lama ngecas nya.

4.jangan selalu ngecas ketika batere masih banyak, karena alasannya biar ga cepet abis. Misal nya lu selalu ngecas ketika baterai masih 60%, berarti lu baru pake 40 % isi dari baterai. 60% lagi yg ga lu isis kmana selama ini? Nganggur ya. Gabut. Kalo terus menerus gitu, nanti si 60% baterai hp lu bakal ngendap, dan rusak tidak terpakai. Makanya sering ada istilah baterai kembung. Jadi ngecas lah ketika ada peringatan baterai low,

5.baterai cadangan itu lebih baik daripada powerbank, kenapa?  Karena tegangan yg di keluarkan oleh powerbank itu tidak stabil, tegangan normal biasa nya 5 v, dan tegangan hp lu biasa nya 3,7 v. Dan 5v ini tidak stabil dibanding dengan tegangan listrik rumah 220 v. Sehingga efek nya biasa nya konektor bakal gampang panas. Inget p=v.i? P itu daya yang bisa berupa panas. Dan panas yang terlalu panas dan tiba tiba turun dan naik tidak stabil dapat merusak komponen, karena yg paling awal adalah konektor, makanya konektor yg bakal rusak duluan.

Segitu dulu info dan solusi menurut gw semoga bermanfaat.haha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar